Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Perangkat Desa Hasil SOTK Desa Kertosari

Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK)  merupakan salah satu dari program baru yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2015. Program tersebut dilaksanakan di  lingkungan pemerintah desa di seluruh wilayah Indonesia. Begitupun dengan Desa Kertosari yang telah melaksanakan seleksi internal SOTK pada tanggal 30 Desember 2016. Hasil dari seleksi tersebut yang berupa ujian tertulis dan ujian praktek, kemudian dijadikan acuan untuk kedudukan jabatan perangkat  Desa Kertosari.

Kemudian tepatnya pada hari Sabtu tanggal 31 Desember 2017 dilaksanakan pengambilan sumpah dan pelantikan perangkat desa hasil  SOTK Desa Kertosari. Berdasarkan Keputusan Kepala Desa Nomor 141/11/2016 tanggal 31 Desember 2016 tentang Pengangkatan Perangkat Desa Kertosari Kecamatan Ulujami, maka Kepala Desa melantik tujuh perangkat desa. Adapun perangkat desa yang dilantik adalah Abdulah jabatan sekretaris desa, M. Jumhan jabatan Kepala Urusan Tata Usaha/Umum, Nurohman jabatan Kepala Urusan Keuangan, Masduki jabatan Kepala Seksi Pemerintahan, Mulyadi jabatan Kepala Seksi Pelayanan, Sanusi jabatan Kepala Dusun I, dan Hasanudin jabatan Kepala Dusun III.

Abdul Hamid selaku kepala Desa Kertosari dalam sambutannya mengatakan diharapkan para perangkat desa bisa memberikan pelayanan yang prima dan senantiasa bersemangat karena tantangan ke depan akan sangat berat. Beliau juga berpesan dengan adanya amanat undang-undang tentang SOTK yang baru, perangkat desa sangat dibutuhkan empati, gagasan dan pemikirannya, dan tidak boleh seperti dulu yang hanya datang dan pulang seenaknya. Menurutnya hal tersebut harus diubah untuk Kertosari yang lebih baik.

Camat Ulujami, Suhirman, mengatakan dengan adanya jabatan yang baru, tanggung jawab juga harus ditingkatkan. Ada beberapa pesan yang beliau sampaikan diantaranya perangkat desa harus memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing, perangkat desa agar meningkatkan kedisiplinan, mempunyai komitmen yang tinggi dan kesadaran yang tinggi untuk bekerja dengan baik.

Dari pelantikan tersebut, dapat kita lihat masih ada beberapa kekosongan jabatan perangkat Desa Kertosari. Diantaranya jabatan kepala urusan perencanaan, jabatan kepala seksi kesejahteraan, jabatan kepala dusun II dan IV. Beredar wacana bahwa sekitar bulan Maret dan April akan diadakan seleksi perangkat desa untuk masyarakat umum untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *